|



Ricuh..! Bentrokan Petugas Dengan Warga di Lahan Garapan, Mobil Damkar Dibakar dan Belasan Warga Terluka

Editor: Admin
Bentrokan Petugas dengan Massa di Tanah Garapan Desa Sampali, Percut Sei tuan. Kamis (11/7/2024) 

METROINDO.ID | DELI SERDANG - Bentrokan pihak Kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dengan massa (warga) di Jalan HM Anif, Desa Sampali, Kampung Kompak, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (11/7/2024).

Diduga bentrokan dipicu oleh pembebasan lahan yang dilakukan pengembang perumahan Citra Land di kawasan eks PTPN II Desa Sampali.

Terlihat dilokasi sebuah mobil Damkar (pemadam kebakaran) dan 1 mobil lainnya terbakar, dan belasan warga terluka akibat lemparan batu.

Selain warga, ada juga petugas Satpol PP dan personel Polri yang terkena lemparan batu dari massa warga yang memprotes aksi penggusuran tersebut.

MOBIL Dinas Pencegahan Dan Pemadam Kebakaran Pemkab Deliserdang dibakar massa saat terjadinya aksi penggusuran di areal lahan garapan Jl. H Anif Desa Sampali Kecamatan Percut Seituan, Kamis (11/7/2024). 

Sejumlah alat berat sengaja diturunkan untuk merubuhkan bangunan gudang dan rumah.

Situasi semakin memanas dan tidak kondusif, terlihat Ratusan Massa yang membawa sajam, balok serta potongan besi terlihat beringas dan terus melempari petugas Kepolisian dengan batu dan kayu.

Seorang warga menuturkan, pihak pengembang berusaha merubuhkan semua bangunan rumah dan gudang tanpa memberikan ganti rugi, sebagian warga sudah ada yang meninggalkan lokasi lahan garapan yang diklaim milik pengembang.

“Kami tetap bertahan dan menolak penggusuran dan perubahan bangunan rumah kami,” ujar seorang warga.

MOBIL Dinas Pencegahan Dan Pemadam Kebakaran Pemkab Deliserdang dibakar massa saat terjadinya aksi penggusuran di areal lahan garapan Jl. H Anif Desa Sampali Kecamatan Percut Seituan, Kamis (11/7/2024).

Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Deli Serdang, Kurnia Boloni Sinaga mengaku anggotanya berhasil menyelamatkan diri dalam bentrok tersebut.

Tidak ada personelnya yang luka-luka dalam kejadian. Disebut Damkar hanya membantu Satpol dalam penertiban ini.

"Kita supporting dan backup saja. Satpol sama aparat yang sebenarnya di depan. Aku heran mengapa mereka tidak hitung eskalasi massa. Anggota kita di belakang dalam kondisi itu jadi ketinggalan (kabur)," ujar Kurnia Boloni Sinaga.

Namun demikian api sudah berhasil dipadamkan. Kondisi mobil tampak mengalami kerusakan bekas bakaran di bagian depan.

Informasi yang dihimpun lahan Eks HGU PTPN II di Desa Sampali ini saat ini sudah dikuasai oleh Andi Baktiar dan Suprapto.

Mereka berhasil menang ketika menggugat di Pengadilan melawan PTPN II.

Karena putusan dari upaya hukum Peninjauan Kembali (PK) sudah ada keduanya pun meminta bantuan Satpol PP Deli Serdang untuk menertibkan setiap bangunan yang ada di lokasi.

Total ada 280 Kepala Keluarga penggarap yang saat ini juga berdampak atas adanya putusan PK yang dimenangkan oleh Andi Bahtiar dan Suprapto

Pantau dilapangan, terlihat Ratusan petugas dari Brimob, Polrestabes Medan, dan Polsek Medan Tembung terlihat turun ke lokasi bentrokan untuk mengantisipasi bentrokan lanjutan.(MI/Put)

Share:
Komentar

Berita Terkini

 
/> -->